Sunday, August 5, 2012

Nuzulul Quran di Abu Dhabi

Andree Priyanto - detikRamadan

Nuzulul Quran di Abu Dhabi - Di mata Muhammad Ruslailang Noertika dan teman-temannya, peringatan Lailatul Qadr atau malam seribu bulan bukan sekadar ritual keagamaan. "Di negeri kami, ini bagian dari budaya," kata pria berumur 36 tahun itu.

Itu sebabnya, insinyur asal Indonesia ini tak pikir panjang lagi manakala diundang komunitas Indonesia di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, dalam acara peringatan Nuzulul Qur'an pada Kamis pekan lalu.

"Acara seperti ini tak hanya memperkuat silaturahmi, tapi juga menambah tebal keimanan kami," tutur Noertika. Di Indonesia, malam Nuzulul Quran jatuh pada hari ini atau haria ke-17 Ramadan.

"Sebagai muslim yang tinggal di luar negeri, kami mesti terus mengingat bahwa Alquran amat penting sebagai pegangan hidup kita,"ujar Joko Priatmoko (40), juga ekspatriat asal Indonesia.

Bukan cuma malam Nuzulul Quran, kata Joko, warga Indonesia di Abu Dhabi berkumpul selama Ramadan. "Kami kumpul sahur bersama, tarawih, dan berpartisipasi dalam pelbagai kegiatan agama."

"Saya senang komunitas masyarakat Indonesia di Abu Dhabi menggelar acara-acara semacam ini," ujar Duta Besar Indonesia di Abu Dhabi, Salman Al Farisi (53). Sebab, kata dia, Ramadan adalah saat tepat untuk merenung.

"Berdoa sekaligus memperbaiki keimanan," tutur Salman.

Ketua Komunitas Indonesia di Abu Dhabi, Muhammad Walfajri (35), mengatakan ada lebih dari 300 warga Indonesia yang menghadiri pertemuan itu.

"Mereka datang bukan hanya dari Abu Dhabi, tapi juga Al-Ain dan Ruwais," tutur Walfajri. Menurut dia, komunitas juga ikut berparisipasi mempersiapkan salat Idul Fitri pada 19020 Agustus nanti. "Lokasinya di kedutaan," katanya.



Related Post



Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "Nuzulul Quran di Abu Dhabi"

Post a Comment