Saturday, September 22, 2012

Karena kecantikan dan keharumannya, bunga telah lama menjadi salah satu simbol cinta. Ketika menjenguk orang sakit banyak yang memberi bunga. Wisuda, ulangtahun, menang kejuaraan, bunga juga seringkali menjadi hadiah. Namun di balik keindahannya, bunga juga bisa membunuh orang seketika.

Tidak semua indah boleh dipetik dan dijadikan hadiah, karena beberapa memiliki racun mematikan. Berikut beberapa bunga cantik nan mematikan, seperti dilansir botanicalgarden dan smashingtops.

1. Aconitum Nama lainnya adalah Monkshod, Wolfsbane, Devil’s helmet (helm setan) atau roket biru. Ini adalah tanaman berbunga yang masuk dalam famili buttercup dan dapat ditemukan terutama di belahan bumi utara. Beberapa spesies telah digunakan untuk membuat ujung panah mematikan, juga telah digunakan dalam banyak kebudayaan dalam berburu dan dalam peperangan.

Ketika mengonsumsi bunga ini, gejala keracunan yang fatal termasuk mual, muntah, dan diare, diikuti dengan rasa terbakar, kesemutan, mati rasa dari wajah, mulut dan perut. Dengan dosis besar, kematian bisa terjadi dengan segera.

 

2. Atropa belladonna Dikenal dengan nama Devil’s Berries, Dead Cherries dan Deadly Nightshade, bunga yang merupakan bagian dari famili Solanaceae dan asli Eropa, Afrika Utara dan Asia Barat ini tidak bisa dianggap enteng. Semua bagian tanaman ini beracun.

Anak-anak biasanya tertarik dengan beri karena terlihat menarik dan manis. Namun bisa makan beri yang satu ini, gejala keracunan bisa meliputi pupil melebar, penglihatan kabur, kehilangan keseimbangan, sakit kepala, ruam, cadel, kebingungan, halusinasi, dan kejang-kejang. Kematian dapat terjadi jika mengganggu pernapasan.


3. Conium Bunga beracun milik famili Apiaceae ini dapat ditemukan di Eropa dan Afrika Selatan. Salah satu spesiesnya, Conium maculatum, juga disebut racun hemlock. Bunga ini mengandung alkaloid yang bisa sangat mematikan bagi manusia dan ternak.

Gejala keracunan conium adalah kelumpuhan otot yang menyebabkan kelumpuhan sistem pernapasan. Kondisi ini pada gilirannya dapat mengakibatkan jantung dan otak tidak mendapatkan cukup oksigen.

 

4. Nerium oleander
Ini adalah tanaman berbunga yang indah tapi sangat mematikan. Anehnya, tanaman ini dapat sering dilihat di halaman sekolah. Semua bagiannya beracun tetapi banyak yang membudidayakan.

Waspadai Oleander berbasis obat atau senyawa yang dijual online karena bunga ini tidak memiliki manfaat. Bahkan, toksisitas bunga ini sangat tinggi. Gejala keracunan meliputi muntah, diare, air liur berlebih, nyeri perut, denyut jantung tidak teratur, mengantuk, tremor, kejang dan koma.

 






Related Post



Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on " "

Post a Comment